MENYINGKAP TABIR RAHASIA SUJUD; FAEDAH DAN MANFAAT



Sujud dalam islam adalah salah satu rukun dalam Sholat, yang dilakukan dua kali sujud dalam setiap rakaat sholat. Sujud tidak hanya dilakukan dalam sholat saja, ketika kita mendapatkan kebahagiaan kita dianjurkan untuk melakukan sujud syukur. Sealin itu apa bila kita mendengarkan atau mambaca surat-surat sajadah dalam Al-Quran kita juga dianjurkan untuk melakukan sujud.

Sujud bukan hanya gerakan ritual semata, sujud mengandung nilai filososis yang tinggi, baik secara fisikal maupun batiniyah, baik itu ditinjau dari sudut theological maupun saintis.

Berikut ini akan saya paparkan beberapa rahasia dan manfaatnya :

1) Tujuh bagian tubuh kita ketika bersujud akan menyentuh lantai. Makna filosofi tujuh anggota tubuh tersebut adalah menggambarkan tentang cipataan Allah SWT. Allah menciptakan langit dalam tujuh tingkat, begitupun bumi diciptakan oleh-Nya terdiri dari tujuh lapis. Semua makhluk ciptaan-Nya yag berada diantara lapisan langit ketujuh dan lapisan bumi yang paling dalam semuanya sujud kepada-Nya
2) Waktu sujud adalah waktu yang paling merendah, ini menunjukkan bahwa kita adalah makhluk lemah dan hina, yang butuh pertolongan, perlindungan, bantuan, dan rahmat tuhan, sehingga kita perlu menyerahkan diri kita pada sang pencipta. Sujud adalah lambang penyerahan total diri kita pada sang Khalik.
3) Makna sujud ialah patuh, tunduk, dan pasrah atas kuasa kehendak-Nya
4) Dari segi kesehatan, sujud bisa memberika ketenangan, karena ketika kita sujud darah akan mengalir sampai memasuki saraf-saraf halus dan lembut dari otak kita sehingga saraf-saraf otak kita mendapatkan asupan-asupan energi yang dibutuhkan oleh otak. Dengan bersujud, secara tidak langsung kita telah membantu melancarkan peredaran darah ke otak yang mana itu sangat dibutuhkan oleh otak manusia untuk menyegarkan aktivitas otak.
5) Sujud juga digunakan untuk penyembuhan stres (marah, tidak tentram, kedukaan, kesedihan, dan depresi). Banyak orang non muslim dan para pakar yang mengakui tentang kehebatan sujud dalam penyembuhan stres. Orang-orang jepang ketika mengalami perasaan tertekan akan melakukan sujud untuk memberikan relaksasi pada otaknya. Jadi, ketika kita sujud secara tidak langsgung kita telah melakukan pencegahan terjadinya stres terhadap tubuh kita.
6) Sujud juga bisa menyeimbangkan menyeimbangkan aliran darah ke kepala, sebab ketika kita sujud darah akan mengalir dengan mudah ke kepala karena dibantu oleh tarikan gravitasi bumi.

Itulah beberapa faedah dan manfaat yang terdapat dalam sujud.

No comments:

Post a Comment