CEK KEPRIBADIANMU !



Claude Gallen seorang ahli fisiolog romawi yang hidup diabad ke-2 masehi, yang pertama kali memperkenalkan teori empat kepribadian.Menurutnya, kepribadian manusia bisa dibagi menjadi empat kelompok besar: Sanguin (populer), koleris (kuat), melankolis (sempurna), dan phlegmatis (damai). Manusia pada dasarnya memiliki 4 kepribadian itu, hanya saja maksimal 2 yang dominan. 


SANGUINIS (Si Popular, Si Matahari keceriaan, Born to coloring the world)
Ciri-ciri:
1. Suka dan pandai bicara, bercerita, bercanda
2. Menghidupkan suasana
3. Sangat menarik, atraktif, dan suka memukau pendengar (orang yang di ajak bicara)
4. Antusias dan ekspresif
5. Penuh rasa ingin tahu (kepo)
6. Kreatif dan inovatif
7. Mengilhami dan mempesona orang lain
8. Menyukai permainan, dan bersenang2. Selamanya akan menjadi anak2
9. Selebor, slordig, kurang terorganisir, kurang serius
10. Mereka yang disebut si eksis, si kocak, si biang keramaian dunia menjadi ceria berkat si sanguinis.

Sanguinis adalah orang perlu dicari ketika kita butuh suasana ceria, dan teman untuk bersenang-senang. Selalu ceria, periang, antusias, ekspresif, tidak bisa diam, aktif dan dinamis. Sanguinis adalah si populer. Dialah yang selalu beredar dan menonjol saat acara dan pesta. Selalu berbicara, bercerita, bercanda, menarik perhatian pendengarnya. Namun sayangnya, sanguinis adalah orang yang sangat selebor, kurang terorganisir, berantakan.

Pekerjaan yg cocok : PR, MC, Marketing, distributor, jubir, bussiness consultant, pelawak, artis, entertainer, dll.

Orang-orang sanguinis dunia antara lain :
Tukul arwana, indra bekti, paris hilton.

MELANKOLIS (Si Pemikir dan Perasa, Terorganisir. Born genius)
ciri-ciri:
1. Berpikir mendalam, penuh, pikiran dan analitis
2. Rapi dalam segala hal dan terorganisir
3. Jenius dan intelek
4. Berbakat dan kreatif
5. Terperinci, logis, sistematis dan menyukai detail
6. Bercitarasa tinggi,perfeksionis
7. Realistis cenderung pesimis
8. Terlahir untuk skeptis, kritis, dan pesimistis
9. Sensitif dan perasa
10. Mereka yang sering disebut si geek, eksentrik, autis dan freak.

Betapa dunia ini memerlukan melankolis. Hidup menjadi lebih teratur, dan terorganisir, karena mereka sangat rapi, dan sangat memperhatikan detail. Hidup menjadi lebih indah berkat cita rasa seorang
melankolis. Orang-orang melankolis adalah eksentrik dan mengklaim diri paling beda dari orang lain. Selain itu pemikiran-pemikiran dan analisis yang mendalam sangat
diperlukan untuk inovasi dan kemajuan ilmu pengetahuan dan pemikiran dunia. Orang- orang melanklois terlahir sebagai si pemikir, si jenius dalam berpikir dan merasa. Namun sayangnya, kelebihan melankolis adalah kekurangannya itu sendiri. Kemampuannya untuk berpikir dengan mendalam membuat mereka asyik sendiri dengan dunia mereka. Pekerjaan yg cocok : Ilmuan, dokter, arsitek, ahli laboratorium, seniman, ahli statistic dan survey, dll. Orang-orang melankolis dunia : Thomas alfa edison, beethoven, billy joe amstrong, chairil anwar, leonardo da vinci.

KOLERIS (Si pemimpin, Suka mengontrol. Born leader)

Alangkah dunia ini memerlukan koleris. Masyarakat dunia perlu bimbingan, dan munculah para koleris ini untuk mengontrol keadaan dan memimpin mereka. Bayangkan apabila dunia ini tanpa koleris (pemimpin), dunia ini bergerak tanpa arah dan tujuan. Hanya ada pelawak (sanguine) dan si cengeng (melankolis). Itulah peran koleris di dunia. Seorang koleris hanya perlu dibatasi kewenangannya, karena koleris yang sangat terlalu dominant akan sewenang-wenang dan seenaknya sendiri. Selain itu koleris juga perlu waktu untuk bersantai, karena mereka adalah para workaholic.

Para koleris juga perlu untuk sedikit kendur, dan belajar untuk fleksibel, karena mereka adalah orang-orang yang keras kepala dan prinsipil. Pekerjaan yg cocok : politisi, polisi, presiden, pasukan densus 88 dll. Orang-orang koleris dunia : Soekarno, Alex Ferguson.

PHLEGMATIS (Si Pencinta Kedamaian, si penyabar, si jiwa sosial. Born to patient, listen to people and make peace in the world)

PHLEGMATIS adalah mereka yang harus kita cari ketika kita membutuhkan seseorang untuk diajak curhat. Apapun yang kita katakan, mau kita bentak, kita hina, mereka akan diam dan menerimanya. Tujuan utama phlegmatic adalah hidup dalam kedamaian & ketenangan. Menurut mereka hidup itu rileks, tidak perlu neko-neko.

Mau diajak kemana-mana slow, “gw pasti ikut! Nyantai aja, have fun kita!”. Sangat mudah terpengaruh bujukan, karena mereka cenderung menghindari konflik. Padahal mereka belum tentu menyukai dan sepaham dengan ajakan itu. Namun mereka sejatinya adalah orang- orang yang memiliki jiwa social tinggi. Selain itu phlegmatic adalah seorang mediator konflik antara kedua belah pihak. Sayang orang phlegmatic adalah orang-orang yang miskin motivasi. Pekerjaan yg cocok : Suster, psikolog, dll. Orang phlegmatic dunia: Bunda Theresa.

Kamu Tipe yg mana?

No comments:

Post a Comment