Kematian; Inspirasi untuk menikmati Kehidupan


serem ya Judulnya? Emang siapa yang mau mati? padahal kita akan mengalami hal itu, mungki detik ini, besok , minggu depan, bulan depan, tahun depan dan seterusnya. kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada kematian kita? dan bagaimana kita menghentikan hidup ini semuanya misteri ... mungkin kita membayangkan kalau kita mati pasti diatas kasur, kebayang ga kalau kita mati karena tertusuk duri, mungkinkah? tidak ada yang tidak mungkin dengan kematian itu. semuanyanya mungkin.

kenapa kita harus takut dengan kematian? toh mati tidak bisa di ajak kompromi. misalnya kita minta untuk meminta menunda kematian. Imposible... Tapi ada satu hal yang perlu kita perhatikan kematian itu harus kita siapkan, agar kematian kita tidak sia-sia. beruntunglah orang yang mati, ketika mati Meninggal kebahagian pada orang lain. bagaimana dengan yang tidak?.


Nah... mempersiapkan kematian ini ternyata adalah satu cara Untuk menikmati kehidupan kita yang hanya berjalan diatas hidungan detik. Ini hanya sebuah pemikiran bahwa kematian sangat erat dan berkaitan dengan kehidupan. Tanpa kehidupan maka kematian tidak akan pernah ada.Ini sekedar membalik pemikiran kita untuk mencari inspirasi dan motivasi dalam hidup, mencari tujuan hidup. Untuk apa sebenarnya kita hidup?.

Aku tidak tahu dengan pasti, apa yang sedang anda cari dalam hidup ini. Dan apa yang sudah anda dapatkan. Mungkin yang anda cari adalah uang, jabatan, karier atau apa saja. Dan mungkin anda sudah mendapatkannya, mungkin juga belum. Tapi itu adalah tentang materi. Hal-hal yang berwujud fisik. Tulisan ini akan berbicara mengenai sebuah nilai -Nilai Kehidupan- sebuah nilai yang akan kita gali dari berakhirnya kehidupan, yaitu saat datangnya kematian.

Cobalah untuk merenung sebentar, dan pikirkanlah pertanyaan-pertanyaan ini:

Ketika Anda nantinya meninggal:
1. Siapa saja yang akan menghadiri pemakaman anda?
2. Apakah kesan-kesan para pelayat ketika mereka mengenang masa-masa hidup anda?
3. Karena apakah anda meninggal?
4. Umur berapa anda saat anda meninggal?
5. Apa yang anda tinggalkan / wariskan kepada keluarga anda?

Ketika anda bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang jawaban-jawaban pertanyaan tersebut, tuliskan hal ini menjadi sesuatu yang harus anda capai selama anda masih hidup. Ini akan menjadi inspirasi dan motivasi anda dalam menjalani kehidupan. Sekaligus sebagai pedoman anda.


Misalnya, kalau anda tidak mau meninggal karena penyakit jantung, so mulai saat ini anda akan menjaga kesehatan jantung anda. Hindari kegemukan dan makanan-makanan berkolesterol.


Ini bukan bermaksud untuk mendahului kewenangan Tuhan dalam masalah kematian. Hanya mengajak anda untuk memikirkan dan membayangkan kematian. Anda jangan mati dulu. Hanya membalik proses pencarian tujuan hidup. Kadang sulit ketika ditanya, “Apakah yang anda cari dalam hidup ini?”

Mempersiapkan kematian merupakan suatu langkah kecil dalam menjalani kehidupan dengan segala kemampuan yang kita miliki, menggunakan dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan tujuan hidup kita.

Hidup dengan menikmati dan mensyukuri apa yang kita punya. Mempersiapkan kematian berarti kita sedang mencari arti kehidupan sejati.

No comments:

Post a Comment