Manfaatkan Ramadhan dengan Dzikir

Manfaatkan Ramadhan dengan Dzikir


Allah SWT, berfirman, "Maka apakah orang-orang yang mendirikan masjidnya di atas dasar takwa kepada Allah dan keridhaan- Nya itu yang baik? ataukah orang-orang yang mendirikan bangunannya di tepi jurang yang runtuh, lalu bangunannya itu jatuh bersama-sama dengan dia ke dalam neraka Jahanam? Dan Allah tidak memberikan petunjuk kepada orang-orang yang dzalim." (QS. At- Taubah, 109).
Rumah islami adalah rumah yang dibangun di atas dasar ketakwaan.  Tiangnya adalah takwa kepada Allah, talinya amal shalih, dan tamannya taat kepada perinlah Allah SWT.
Dalam sebuah hadits shahih, Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh ! aku lebih menyukai ucapkan ’Subhanallah wal hamdulillah wala ilaaha illa Allah wallahu akbar’, daripada terbitnya matahari."

Dunia dan segala keindahan dan perhiasannya dihitung-hitung Rasulullah SAW tidaklah sama dengan sebuah ucapan zikir. Terbitnya matahari mengisyaratkan kepada kita bahwa dengan terbitnya matahari semua keindahan dunia akan terlihat. Namun hal tersebut nilainya tidaklah sama dengan satu kalimat"Subhanallah wal hamdulillah wala ilaaha illa Allah wallahu akbar."
Dalam hadits shahih yang lain, Rasulullah SAW bersabda, “Maukah kalian aku beritahukan sebuah amalan yang terbaik dan tersuci yang berkenaan dengan harta kalian? Hal ini jauh lebih baik bagi kalian dari menafkahkan emas dan uang (dijalan Allah), lebih baik bagi kalian dari bertemu dengan musuh kemudian kalian  tebas lehernya dan mereka tebas lehermu.”
Para sahabat tentu saja menjawab,”'Tentu saja, ya Rasulullah.” Kemudian Rasulullah SAW  bersabda,”(hal itu adalah) Dzikrullah (mengingat Allah)."
Orang-orang shaleh yang terdulu apabila telah melaksanakan shalat Subuh, mereka duduk berdzikir kepada Allah mathari beranjak agak siang. Sebagian mereka membuka mushafnya (Alquran) setelah shalat Subuh. Mereka kemudian mengkaji ayat-ayat, tafsir, hikmah-hikmah, atau bertilawah menghatamkan Alquran.
Bagi seorang muslim, hendaklah memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dalam bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Setelah selesai melaksanakan shalat Subuh, janganlah terburu-buru untuk beraktifitas yang lain. Atau malah tidur untuk membalas kekurangan tidur semalam.
Sempatkanlah diri kita untuk duduk sebentar menjelang fajar pagi menyinsing dengan zikir dan doa. Alangkah baik juga dengan duduk untuk mengikuti ta’lim yang disampaikan di masjid-masjid. Atau sekedar membaca ayat-ayat Allah dengan bertilawah. Targetkanlah bahwa dibulan Ramadhan ini kita bisa mengkhatamkan Alquran.

No comments:

Post a Comment